TASAWUF

28 10 2009


PENGERTIAN TASAWUF

Tasawuf dalam arti sikap hati rohani yang takwa yang selalu ingin dekat kepada Allah SWT. Dihubungkan dengan arti syariat dalam arti luas yang meliputi seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia baik hablum minallah maupun hablum minannas. Tujuan tasawuf yaitu melaksanakan hakikat ubudiyah guna memperoleh tauhid yang haqqul yakin, makrifatullah yang tahqik.

KARAKTERISTIK TASAWUF

Tasawuf adalah persialan kerohanian dalam islam. Jika fiqih mengatur tata cara beribadah, maka tasawuf membicarakan cara membiasakan diri khusyuk (penuh konsentrasi dalam ibadah).
Karakteristik tasawuf dalam islam dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. berdasarkan syariat(fiqih)
melaksanakan syariat (fiqih) merupakan pintu gerbang menuju tasawuf. Barang siapa mendalami tasawuf tanpa syariat (fiqih) maka dia akan menjadi zindik (tampak muslim tapi ajarnnya kafir). Begitupun sebaliknya barang siapa hanya memhami fiqih tanpa bertasawuf, maka dia akan menjadi fasik (orang yang rusak agamanya).
2. mendahulukan ibadah sebelum ibadah
sebelum seseorang mendalami tasawuf, maka dia harus mendalami ilmu-ilmu keislaman seperti fiqih, tafsir, hadits dan akhlak. Dimaksudkan agar dia mengerti secara pasti batas yang haq dan batil.
3. memerbanyak ibadah
ibadah merupakan sarana latihan spiritual seperti berdzikir, berwirid, dan bermunajat. Cirri seorang yang belajar tasawuf secara benar adalah yang melakukan latihan spiritual, baik secara lahiriah maupun rohani.
Bang siapa sungguh-sungguh memperbaiki dirinya dengan ibadah, Allah akan menghiasi batinnya dengan musyahadah (batinnya menyaksikan keindahan dari Allah).
4. memperbaiki akhlak
memperbaiki akhlak adalah hal yang mutlak dilakukan selama orang itu mempelajari tasawuf. Membuang seluruh sifat buruk yang ada pada dirinya. Untuk itu, seorang harus selalu menyatukan kebaikan di dalam perbuatannya.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar