aqidah

STANDAR KOMPETENSI AKIDAH AKHLAK KELAS XII

  1. MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI

1.1             Menjelaskan pengertian dan pentinganya akhlak terpuji dalam  pergaulan remaja

1.2             Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan

1.3             Menunjukan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena kehidupan

1.4             Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari

  1. MENGHINDARI PERILAKU TERCELA

2.1             Menjelaskan pengertian isrof,tabdzir,dan fitnah

2.2             Mengidentifikasikan bentuk dan contoh perbuatan isrof,tabdzir dan fitnah

2.3             Menunjukan nilai negatif akibat perbuatan isrof,tabdzir,dan fitnah

2.4             Membiasakan diri untuk menghindari perilaku isrof,tabdzir, dan fitnah

  1. Akhlak Terpuji Dalam  Pergaulan Remaja

Pengertian Masa Remaja

Remaja adalah sebuah masa untuk mencari identitas diri, sebelum memasuki masa remaja anak memasuki tahap peralihan antara usia 9-13 tahun. Masa ini dikenal masa pubertas. Pada masa ini ada sorongan kuat untuk mengaktualisasikan diri menurut jenis kelamin untuk mendapatkan pangakuan sebagai penegasan identitas diri. Secara fisik masa remaja adalah masa pertumbuhan yang lagi pesat-pesatnya.

Suara berubah dari suara anak-anak menjadi lebih nyaring dan gejalanya seperti flu sehingga dikira flu. Badan berubah tinggi dan besar,produksi hormon seks meningkat sehingga tumbul ciri-ciri seks sekunder.dan secara biologis remaja sudah dapat untuk melanjutkan keturunan.

Akhlak Dalam Pergaulan Remaja

Dalam pergaulan sehari-hari antar muda-mudi,seorang remaja harus mempunyai pegangan yang kukuh. Diantaranya :

  1. Mampu mengontrol dan membawa diri dalam setiap situasi
  2. Mencari teman yang baik dan dapat memotifasi diri dalam pengembangan potensi diri
  3. Mengembangkan sikap tanggung jawab
  4. Mengembangkan kemampuan diri
  5. Tidak mudah terpengaruh akan situasi tertentu.

Secara faktual harus disadari ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan dari hal yang menjadi ketentuan dalam masyarakat. Diantaranya :

  1. Mengucap dan menjawab salam, islam mengajarkan kita untuk melakukan hal tersebut karena hai tersebut dapat memupuk rasa kasih sayang antara sesama.
  2. Berjabat tangan, rosullulah telah mengajarka bahwa selain mengucap dan menjawab salam untuk lebih menyempurnakannya dengan berjabat tangan
  3. Berkhalwat(berdua-duaan antara lawan jenis). Hal ini dilang oleh islam karena menimbulkan banyak madzorotnya
  4. Mencari teman yang baik.

Nilai Negatif Dalam Pergaulan Remaja

Remaja hakikatnya adalah seorang pejuang yang masih rapuh,oleh karena remaja perlu membekali diri dari sikap dan perilaku negatif. Seperti kita ketahui zaman sekarang banyak para remaja yang terjerumus dalam hal negatif dan apa bila dinasehati mereka malahan membangkan. Perilaku negatif banyak timbul karena mereka banyak menghabiskan waktu di jalan dan pasar padahal kita ketahui itu adalah tempat syetan dan sulit bagi remaja untuk menolak godaan yangdatang padanya.

Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku negatif :

  1. Keluyuran dan menghabiskan waktu dengan percuma
  2. Suka menunda dan bermalas malasan
  3. Ragu-ragu dan sering bimbang
  4. Rendah diri
  5. Suka bermain
  6. Mudah terpengaruh
  7. Melupakan hal yang baik

ISROF,TABDZIR,DAN FITNAH

Pengertian Isyraf,

Yang dimaksud dengan isyraf ialah sutu sikap jiwa yang memperturutkan keinginan yang melebihi semestinya. Seperti makan terlalu kenyang, berpakaian terlalu dalam menybabkan menyapu lantai atau tanah, Menguber hawa nafsu yang berlebihan, sehingga dapat melanggar norma-norma Susila, agama, dan hukum. Dan Alloh berfirman : Artinya:”Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”.

Ibnu mumayis mengatakan bahwa orang yang berlebih-lebihan maka agamnya akan terputus. Hasan basri pun berpendapat bahwa orang yang berlebih-lebihan adalah orang yang berpaling.Imam asy syatibi berpendapat isrof bekasnya dapat mengilangkan keteguhan dan keseimbangan yang telh dituntun agama.karena pada hakekatnya manusia cepat bosan terhadap sesuatu sehingga dapat mengakibatkan keteledoran.

Pengertian Tabzir

Yang dimaksud dengan tabzir ialah menggunakan/ membelanjakan harta kepada hal yang tidak perlu, atau disebut juga boros. Alah menganggap orang tersebut sebagai temannya syetan. Allah berfirman.

Artinya:” Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS Al Isra’ : 26-27)

Alloh telah menyuruh manusia untuk tidak boros karena hal tersebut merupakan kufur nikmat. Dan menyerupakan orang yang boros adalah saudara syetan, ini adalah celaan dari Alloh. Dan dalam Al qur`an telah banyak contoh orang yang berlaku boros. Mereka semua tidak memperoleh rida Alloh baik dunia atau akherat.

Pengertian Fitnah

Fitnah adalah suatu sipat yang tercela , suatu usaha seseorang untuk mencemarkan nama baik seseorang, sehingga orang yang tidak mengerti persoalan menganggap bahwa fitnah itu benar. Sehingga opini masyarakat akan negative kepada kelompok atau seseorang yang kena fitnah tersebut. Menurut Sayid qutub fitnah dalam Al qur`an adalah fitnah terhadap agam islam dan umatunya.. Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan . Allah berfirman.

Artinya:”Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir. Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.”( QS Al Baqarah : 192-193 )

Fitnah merupakan perbuatan yang fatal baik bagi korban atau pun pelaku. Hubung bik bisa berantakan gara-gara fitnah.Sehingga fitnah diumpamakan lebih keji dari pembunuhan. Alloh telah memberikan toleransi terhadap hibah yang baik untuk kemaslahatan.Diantaranya;

  1. Meminta perlindungan kepada yang dinilai mampu mengurangi dan menghilangkan keburukan yang menimpanya
  2. Menyampaikan kepada pihah yang berwenang agar keburukan tersebut dapat diberantas agar tidak menimpa orang lain
  3. Memberikan fatwa akan keburukan yang serupa
  4. Memberikan peringatan kepada orang lain
  5. Memperkenalkan seseorang yang sulit dikenal lewat nama.
  1. Adil
    1. Pengertian Adil

Adil dalam bahasa Arab disebut dengan kata “adilun”, Munsifun(yang berarti sama dan seimbang. Adil dalam pengertian sama dapat diartikan sebagai membagi sama banyak/memberikan hak yang sama. Misalnya, semua warga negara mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum. Adil dalam pengertian seimbang dapat diartikan dengan memberikan hak yang seimbang dengan kewajiban /memberi seseorang sesuai dengan kebutuhannya.

Menurut KBBI, adil diartikan tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak pada yang benar, berpegang pada kebenaran. Beberapa pengertian ini tetap berangkat dari 2 makna kata adil diatas. Dengan prinsip persamaan, seseorang yang adil tidak akan memihak kecuali kepada yang benar. Dengan asas keseimbangan, seseorang yang adil akan berbuat/memutuskan sesuatu dengan sepatutnya dan tidak bertindak sewenang-wenang.

Pengertian adil menurut ilmu akhlak adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya, memberikan / menerima sesuatu sesuai haknya, dan menghukum yang jahat sesuai dengan kesalahan dan pelanggarannya. Seseorang hendaknya berlaku adil terhadap dirinya sendiri, orang tua, bangsa dan negaranya bahkan terhadap Allah SWT.

  1. Karakteristik sikap Adil

Islam mengajarkan bahwa semua orang mendapat perlakuan yang sama dan sederajat dalam hukum. Dalam islam, tidak ada diskriminisasi hukum karena perbedaan kulit, status sosial, ekonomi politik. Sebagaimana firman Allah SWT Q.S An-Nisa:58 yang artinya : Sungguh Allah SWT menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya dan apabila kamu menetapkan hukum diantara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh Allah SWT sebaik-baiknya yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh Allah Maha Mendengar, Maha melihat.

Keadilan hukum harus ditegakkan walaupun terhadap diri sendiri, keluarga/orang-orang yang dicintai. Ketika seorang sahabat Rasulullah SAW meminta keistimewaan hukum untuk seorang wanita bangsawan yang mencuri, beliau hendaknya dengan tegas (dalam H.R. Ahmad, Muslim dan Nasa’i)

Disamping keadilan hukum, islam memerintahkan kepada umat manusia untuk bersikap adil dalam segala aspek kehidupan. Beberapa contoh, sikap adil dalam Al-Qur’an:

  1. Adil terhadap diri sendiri(Q.S An-Nisa :135)
  2. Adil terhadap istri dan anak( Q.S An-Nisa : 3)
  3. Adil dalam mendamaikan perselisihan( Q.S Al-Hujurat:9)
  4. Adil dalam bertutur kata ( Q.S Al-An’am :152)
  5. Adil terhadap musuh (Q.S Al-Maidah :8)
  6. Nilai Positif Sikap Adil

Adil sebagai sikap modernisasi yakni pertengahan diantara 2 sifat secara kualitas, kuantitas/proporsional.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: